Ibu Ririn Aprilia Emma Anggraini, S.Pd.Gr sebagai salah satu guru BK di SMPN 1 Kraksaan telah mengembangkan sebuah media pembelajaran inovatif yang diberi nama “PARE TRUDA”. Melalui motode pembelajaran Game-Based Learning, peserta didik kelas 7 diajak untuk belajar dari kehidupan sehari-hari yang bersifat kontekstual, dengan saling berbagi informasi dan pengetahuan melalui dinamika permainan. Diharapkan proses pembiasaan karakter menjaga etika komunikasi dengan teman sebaya lebih mudah dipahami. Media pembelajaran yang digunakan adalah suatu permainan yang sering dimainkan oleh remaja saat ini, yaitu game racing (balap mobil) yang disukai oleh remaja laki-laki dan Kartu permainan Truth or Dare (permainan kejujuran dan Tantangan) yang sering dimainkan oleh remaja perempuan sehingga muncullah ide sebuah media pembelajaran yang diberi nama “PARE TRUDA” yang merupakan singkatan dari Papan Race Truth or Dare.
Dalam penggunaan media pembelajaran tersebut, diharapkan agar dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan pemahaman mereka terutama dalam hal etika berkomunikasi dengan teman sebaya, sehingga tercipta lingkungan pergaulan yang guyub rukun, ramah dan saling menghormati sebagaimana ciri khas ketimuran masyarakat Indonesia yang dikenal ramah. Sarana yang dibutuhkan dalam media pembelajaran PARE TRUDA antara lain: Papan Pare Truda, Dadu, Mobil mainan, Kartu-kartu yang terdiri dari kartu Truth, 8 kartu Dare, 6 kartu Logic Fun, 4 kartu Quotes dan 4 Kartu Coffee Shop yang berisi pertanyaan dan tantangan terkait dengan materi pembelajaran
Materi yang dibahas dalam permainan ini adalah Etika Komunikasi dengan teman sebaya untuk meningkatkan hubungan sosial yang positif dalam lingkup pergaulan peserta didik. Proses pendidikan karakter diaplikasikan melalui permainan ini agar lebih mudah diintegrasikan dalam metode game-based learning yang aplikatif. Diharapkan peserta didik mampu mengembangkan keterampilan beretika terutama dalam komunikasi dengan teman sebaya.
Pembagian reward (penghargaan) kepada tim pemenang semakin memacu dan menstimulus para peserta didik untuk aktif dalam mengikuti permainan. Konsep permainan yang lekat dengan keseharian peserta didik membawa atmosfer pembelajaran yang menarik, dan bermakna serta interaktif.
Inovasi dari Media Pembelajaran Pare Truda ini sangat bermanfaat bagi berbagai pihak, antara lain bagi para peserta didik, guru atau rekan-rekan sejawat dan bagi pengembangan kegiatan pembelajaran di sekolah ke depannya.

